Kamis, 03 November 2016

Ayam Jago bertelur

Ayam Jantan Langka
 
Ayam bertelur itu hal wajar, tetapi kalau ayam Jago yang tertelur, itu adalah hal langka.
Demikian yang terjadi pada ayam saya ini.
Ayam jago aku ini berjenis Kate. Berumur +  4 tahun, warna bulunya Merah kekuningan, tampak gagah dan indah.
Pada saat aku sedang asyik nonton demo akbar di Televisi, tiba-tiba aku dikejutkan dengan kotekan ayamku yang amat gaduh. Aku pikir biasa saja karena ayam betinanya juga sedang bertelur. Aku keluar rumah mencoba melihat ada apa dengan ayam ini, lho kok yang ada dipetarangan bukan babonnya, tapi kok jagonya? Aku nggak terlalu perhatian, biasa saja. Aku balik lagi melihat televisi. Tiba-tiba ibunya anak-anak yang biasa mengambili telor yang baru ditelorkan itu untuk disimpan di dalam kulkas, tiba-tiba berteriak sambil berkata : “paak pitike Jago ngendog” , antara percaya dan tidak aku bergegas keluar melihatnya. Eh, ternyata benar, ayam Jago Kate ini benar-benar bertelur. Telurnya kecil, sebesar Neker, bentuknya bulat, tidak lanjong seperti lazimnya telur ayam.
Anda mungkin sebelum ini pernah dengar bahwa ayam jantan itu juga ada yang bertelur, tetapi anda belum pernah melihatnya. dan aku yakin hal itu memang bisa terjadi tetapi  itu sangat langka. Mungkin dari sekian juta ayam jantan hanya satu yang bertelur, itupun mungkin seumur hidup ayam itu hanya sekali itu saja bertelur. Sambil terheran-heran aku balik lagi melihat TV.
Sambil melihat demo di Televisi aku merenung, hari ini merupakan hari luar biasa. Aku melihat 2 (dua) kejadian hebat yang luar biasa, Pertama , baru kali ini aku menyaksikan Demo hebat yang luar biasa besarnya (menurutku ini terbesar di dunia), hebatnya lagi demo itu berjalan damai . Kedua aku melihat Ayam Jago bertelur. Subkhanallah. Kini telur ayam langka itu kusimpan di dalam kulkas.
Habis aku tak tahu mau diapakan telur itu.

Ayam ini sekarang sudah beranak 2 (dua) pasang, umurnya 6 bulan (kemanggang) .

Denmbahbei,2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar