Jumat, 18 November 2016

SITUS PURBAKALA "WATU TUMPUK"







BENDA PURBAKALA/SITUS SEJARAH DI KECAMATAN SUMBERPUCUNG
A.      NAMA SITUS                                    :  WATU TUMPUK
B.      JENIS SITUS SEJARAH                    :  BATU TUMPUK
C.      UKURAN     ( tinggi, Lebar, tebal )      :  3 x 2,5 x1,5 meter
D.      LETAK/ALAMAT                               :  Bendungan Sutami, Desa Karangkates
E.       NAMA PERAWAT/JURU KUNCI      :  Manajemen Bendungan Sutami
F.       TAHUN DITEMUKAN                       :  Tahun 1967
G.     RIWAYAT  PENEMUAN                     : 

Batu tersebut ditemukan secara tak sengaja oleh pekerja proyek Bendungan Karangkates. Berada di tepi kali Brantas tepat pada lokasi rencana pendirian Bendungan . ”Batu tumpuk” ini ditemukan saat pengerjaan Bendungan Sutami ( sekitar tahun 1967). Pada saat itu dimulai proses pengerjaan bendungan yang lokasinya tepat di lokasai ”Batu tumpuk” . Batu tersebut berusaha dihancurkan dengan menggunakan peledak dan diratakan dengan tanah, tetapi terjadi keanehan bahwa upaya itu tidak berhasil karena batu tidak dapat dihancurkan. Kemudian berusaha digeser dari tempatnya dengan memakai alat berat tetapi juga tidak berhasil. Akhirnya para pekerja proyek tidak ada yang berani melakukan tugas memindah batu itu. Kemudian ada sesepuh yang mendapat pesan ghaib (wangsit), bahwa Batu Tumpuk itu tetap dibiarkan ditempat itu. Dan para insinyur Jepang yang merancang bendungan itu mengambil keputusan untuk tetap melestarikan keberadaan batu itu ditempatnya semula, bahkan konon ceritanya justru rencana bangunan bendungan yang letaknya berada di lokasi batu itu yang terpaksa digeser. Akhirnya batu tetap dibiarkan ditempatnya dan lokasi bendungan digeser sedikit kearah timur dari lokasi itu. Bila ditelaah lebih jauh lagi bisa jadi batu tumpuk itu adalah sebuah tanda (tetenger) yang dibuat oleh orang sakti berwujud batu bertumpuk yang dimaksudkan sebagai sebuah pesan bahwa kelak di lokasi ini akan ada kejadian luar biasa yaitu batu yang ditumpuk-tumpuk . Terbukti  bahwa ternyata wujud Bendungan Sutami adalah batu yang ditumpuk-tumpuk. 
Beberapa orang yang pernah melihat langsung batu itu mengatakan bahwa terasa sekali ada nilai mistisnya, bila batu itu diamati dari sudut pandang yang berbeda, akan memunculkan tanggapan/imajinasi yang berbeda pula, misalnya dan yang mengatakan bentuknya mirip seperti kepala ular raksasa, ada yang berkata seperti seekor katak, atau kura-kura dan lain-lain. Tetapi yang jelas bahwa sejak ditemukan hingga sekarang batu itu tidak pernah bergeser dari tempatnya. 
Untuk bisa mencapai lokasi batu itu agak sedikit sulit, bukan karena akses jalan yang menjadi penyebabnya, tetapi karena lokasinya berada pada area obyek vital PLTA Sutami, maka untuk masuk ke area itu harus ada ijin dari Manajemen PLTA.      
Kini batu itu menjadi situs purbakala yang terawat dengan baik, berada di tengah-tengah obyek vital PLTA Sutami.
A.      KONDISI SITUS                                       : Terawat / tidak Terawat *
B.      FOTO  BENDA / SITUS SEJARAH          :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar