Jumat, 04 November 2016

Tlogo Senggreng Merak Ati

Tlogo Senggreng
Air yang berkilau-kemilau jernihnya, terhampar luas dihadapan mata. Udaranya yang sejuk dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi basah menerpa rambut seperti dibelai-belai, sungguh amat menyegarkan rasa. Banyak ikan yang lalu lalang ke sana ke mari, seperti menggoda para pemancing yang sangat gemas melihat tingkah polah sang ikan.
Di sebelah utara telaga ini banyak hamparan sawah, dan para petani sedang berolah tani mengerjakan sawahnya. Para tamu terhormat (wisatawan) asyik menaiki perahunya ke sana ke mari sambil bercengkerama bersukaria dengan teman wisatanya. Para wisatawan yang lelah berperahu dan lapar, menuju warung lesehan yang menyediakan aneka masakan  Mujaer yang lezat, mereka beristirahat sambil makan-makan di warung itu. Warung lesehan itu banyak terdapat disekeliling telaga di bawah pohon-pohon rindang yang daunnya hijau royo-royo. Sepulangnya dari berwisata mereka merasa puas, pikiran yang tadinya kusut menjadi kembali segar dan ceria. mereka bergembira yang ditampakkan dengan celoteh gembira ( ba a ba o ya i yo i ya i yo ).
Telaga Senggreng berada di Desa Senggreng, desa asri yang menawan hati, berada dalam wilayah Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Di pinggiran telaga itu banyak disinggahi muda-mudi yang sedang terbuai asmara idaman hatinya. Di tepi telaga itu mereka memadu kasih, duduk berdampingan memandang ke telaga yang indah, duduknya yang tadi agak renggang beringsut saling mendekat, mereka mengikat janji saling setia menuju rumah tangga bahagia. 
Begitulah gambaran makna syair yang terkandung dalam lagu "Telego Senggreng merak ati" yang ciptakan oleh (Den Mas Bei).  Lagu ini menggambar suasana kesejukan dan kenyamanan berwisata di Tlogo Senggreng ini. Makna syair dari lagu ini bukan menceritakan fakta yang ada, tetapi hanyalah imajinasi bilakah telaga Senggreng ini bisa terwujud menjadi tempat wisata yang indah. Semoga terwujud.

"Tlogo Senggreng Merak Ati"
Banyu kinclong lirak-lirak, nyegerke pangroso.
Angin sumilir koyo ngelus-ngelus rikmo.
kehing mino kliwar-kliwer koyo lagi ngece.
Konco mancing podo gemes nguwaske tingkah polahe

Ing sisih lor poro konco tani lagi nggarap sawahe
Tamu agung mrono-mrene mrono-mrene nunggang praune

Kang wis sayah ing mujaer lesehan lagi podo ngaso
Ing ngisor wit sakupenge telogo tak ijo royo-royo.
ba a ba o e ba a bao e ya i yo iya i yo

Tlogo Senggreng, Deso asri pancen merak ati
Tlatah Senggreng Kecamatan Pucung Malang panggonane
Mudo-mudi kang lagi kasmaran gantilaning ati
Lungguh jejer, pi nggir tlogo, mingsat-mingsut lagi ngiket janji
ba a ba o e ba a bao e ya i yo iya i yo


Denmbahbei, 2016
Lagu "Togo Senggreng Mak Ati" dapat dilihat di you tube : Kromoleo2

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus